Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen melalui Penggunaan Media Google Classroom dan Disiplin Belajar Siswa Di SD Kwitang 2 PSKD Jakarta Pusat

Penulis

  • Adelius Waruwu Sekolah Tinggi Teologi Hagiasmos Mission Jakarta
  • Junior Natan Silalahi Sekolah Tinggi Teologi Hagiasmos Mission Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.126

Kata Kunci:

google classroom media, learning discipline, learning outcomes, SD Kwitang 2 PSKD, disiplin belajar, hasil belajar, media google classroom

Abstrak

Google Classroom is very helpful for students and teachers in the process of teaching and learning activities during the Covid-19 pandemic. This media is very much needed in the implementation of learning by teachers and students to prevent the spread of the virus. In the context of the current pandemic, every internal element of the school is required to use technology and internet-based media, teachers, and students seem to be forced to adapt to using technology and internet media. The research method used is a quantitative research using SPSS software to process data from the questionnaire. The findings in this study obtained the results of the calculation of the correlation between variables amounted to 0.752 and included in the positive and strong categories. Based on the regression test, the regression results between the two variables were 0.566 or 56.6%, which means the effect of using Google classroom media in SD Kwitang 2 PSKD Central Jakarta for the 2020/2021 academic year contributed 56% to the improvement of learning discipline and contributed 56% to the results. learn Christian religious education students.

 

Abstrak

Google Classroom sangat membantu siswa dan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Media ini sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru maupun siswa untuk pencegahan penyebaran virus tersebut. Pada konteks pandemi sekarang ini, setiap unsur internal sekolah diwajibkan untuk menggunakan media berbasis teknologi dan internet, guru dan siswa seakan dipaksa untuk beradaptasi  menyesuaikan diri menggunakan media teknologi dan internet. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan perangkat lunak SPSS untuk mengolah data hasil dari kuesioner. Temuan dalam penelitian ini didapat hasil perhitungan korelasi antara variabel adalah sebesar 0,752 dan masuk pada kategori positif dan kuat. Berdasarkan uji regresi didapat hasil regresi antara kedua variabel sebesar 0,566 atau 56.6%, yang berarti  pengaruh penggunaan media Google classroom di SD Kwitang 2 PSKD Jakarta Pusat tahun ajaran 2020/2021 memberi kontribusi sebesar 56% terhadap peningkatan disiplin belajar dan memberi kontribusi sebesar 56% hasil belajar siswa pendidikan agama Kristen.

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Adelius Waruwu, Sekolah Tinggi Teologi Hagiasmos Mission Jakarta
    Pendidikan Agama Kristen
  • Junior Natan Silalahi, Sekolah Tinggi Teologi Hagiasmos Mission Jakarta
    Pendidikan Agama Kristen

Referensi

Ahmadi, Abu. Didaktik Metodik II, Semarang: CV. Toha Putra, 1998.

Andrews, Discipline Ways to help Children Grow, Sourcebook, Illinois: Naperville, 1996.

Anas Sudijono, Pengatar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Andreas B. Subagyo, Pengantar Riset Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Kalam Hidup, 2004.

Asep, Jihad, Evaluasi Pembelajaran, Yoyakarta: Multi Pressindo, 2012.

Binsen S. Sidjabat, Pendidikan Kristen Konteks Sekolah 12 Pesan Untuk Guru Dan Pengelola Pendidikan, Bandung: AnggotaIkapi, 2018.

Dede Rival Novia, Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Media E-Learning Bagi Mahasisi Kedokteran Hewan, Universitas Nusa Cendana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri Online, 2019.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Depdikbud, 2005.

Euis, Karwati dan Donni Juni Priansa, Manajemen Kelas Classroom Management

Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi, Bandung: Alfabeta, 2019.

Faorta Talaumbanua, Pengolahan Data Penelitian, Perbandingan dan Pengaruh, Jakarta: FKIP UKI, 2006.

Fuad Ahsan, Hari Subiyantoro, Sunjoto, Peranan Pelaksanaan Disiplin Disekolah, Di Rumah Dan Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Pembentukan Perilaku Siswa Berbasis Bimbingan Konseling, Tulungagung: SIKP PGRI, 2018.

Haedar Nashir, Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya, Yogyakarta: Multi Presindo, 2013.

Hamalik, Oemar, Perencanaann Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System, Jakarta: Aksara, 2021.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang Mempengaruhi, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Harnia, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Poasia, Sulawesi Tenggara: Selami IPS Edisi Nomor 48, 1992.

Hasan Awai, kamus, KBBI, 200.

Herman, Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisi Real Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Cetak: Online, 2017.

Idris Zahara, Dasar-Dasar Pendidikan, Padang: Angkasa Raya, 1981.

KBBI Offline.

Homrighausen dan Enklaar, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Kerdid Simbolon, Bahan Ajar Mata Kuliah Statistika, Diktat, 2012.

Loekmono, Belajar Bagaimana Belajar, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1994.

Miles, M.B., & Huberman, A.M, Analisis data kualitatif. (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press), 1992.

M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung, PT. Remaja Rosa Karya, 1990.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remadja Karya,1989.

Momrighausen & Enklaar, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.

Mohammad Nazir, Metodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Muhammad Ali, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo Bandung: Anggota IKAPI, 2014.

Muhammad Yunus dan Muhammad Qosim Bakri, “At Tarbiyah wa Ta’lim” Juz II, Ponorogo: Darussalam Pers, 1991.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT ROSDAKARYA, 2016.

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensido Offset, 2004, h. 22.

Nasution, Teknologi Pendidikan, Bandung: CV Jammars, 1999.

Nasution, Thamrin dan Nasution Nurhalijah, Perang Orangtua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak, Jakarta: BPK Gunug Mulia, 1989.

Nawari, Analisis Regresi dengan Excel dan SPSS, Jakarta: Elex Media Komputido, 2010.

Nelius Harefa, Sumiyati, Persepsi Siswa Terhadap Google Clasroom Sebagai LMS Pada Masa Pandemi Covid-19, Jakarta: UKI, 2020.

Nglim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.

Nirfayati, pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa, FKIP Universitas Muslim Maros: cetak Online, 2019.

Novan Ardy Wiyani, Pengembangan Profesi Keguruan Pada Era Revolusi Industri 4.0, Yoyakarta: GAVA MEDIA, 2019.

Nurhayati & Herlambang, Evaluasi User Experience Pada Edmodo dan Google classroom Menggunakan Technigue for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL), Studi Pada SMK 5 Malang: Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2019.

Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Sabran dan Edy Sabara, Keefektifan Google Classroom Sebagai Medi Pembelajaran, Universitas Negeri Makasar: Fakultas Teknik, 2018.

Santoso Sastropeotra, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional, Bandung: Alumni, 1997.

Sidabutar Jessica Laura, Pengaruh Model Pakem dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen di SD Kwitang 2 PSKD, Jakarta Pusat: Tesis, 2017.

Sidabutar, Jessica Laura, Sinergisme GURU PAK dan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Kristen, Jakarta Barat: Yayasan Covindo, 2020.

Sidabutar, Jessica Laura, “Pengaruh Model Pakem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen”, Jurnal Voice of HAMI, 2019, 1, 1, http://stthami.ac.id/ojs/indeks.php/hami/article/viem/3.

Sidjabat B. S, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Sebuah Perfektif Kristiani, 2000.

Sitanggang, Sariman, Pendidikan Agama Kristen (Dilihat dari PP/55/2007 Tentang Pendidikan Agama & Pendidikan Keagamaan), Jakarta: Egkrateia Putra Jaya, 2008.

Singgih Santoso, Menggunakan SPSS untuk Statistik Parametrik, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2006.

Slamteo, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Soegeng Prijodarminto, Disiplin Kuat Menuju Sukses (Jakarta: Pradnya Paramita, 1994.

Soni, Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang, Universitas Muhammadiyah Riau: Artcle in Jurnal Pengabdian untuk Negeri, 2018

Sudarmono, Tuntunan Metodologi Belajar, Jakarta: Grasindo. 1987.

Sudaryono, Classroom Action Research Teori dan Praktek Penelitian Tindakan kelas, Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendekia, 2014.

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Igesindo, 1996.

Sujanto, Bimbingan ke Arah Belajar yang sukses, Rineka Cipta, 1981.

Sumadi, Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Grafindo Persada, 1988.

Swita Amallia Hapsari, Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Nuswantoro, Semarang: Wancana Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 2019.

Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Trianto, Paduan lengkap Penelitian tindakan Kelas(Classroom Action Research, Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2011.

SK Nomor : 98/PSKD/XI/2020, Perkumpulan Sekolah Kristen Di Jakarta (PSKD), Jakarta, 2020/2021.

Vico Trisna Widdyantara, Konsep, Penggunaan, Kelebihan Dan Kekurangan Serta Implikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh, Jakarta: State University, 2020.

Winarno Surakhmad, Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Jemmars, 1980.

Yamin, Martinis, Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta Selatan: Anggota IKAPI, 2013.

Zai Odaligo, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jakarta: Yayasan Covindo, 2020.

Diterbitkan

2022-01-29

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen melalui Penggunaan Media Google Classroom dan Disiplin Belajar Siswa Di SD Kwitang 2 PSKD Jakarta Pusat. (2022). KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 4(2), 276-295. https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.126