Perspektif Pendidikan Kristen tentang Penilaian untuk Pembelajaran yang Holistik dan Transformatif
DOI:
https://doi.org/10.47167/kharis.v6i2.212Kata Kunci:
penilaian, Pendidikan Kristen, pembelajaran holistik dan transformatifAbstrak
Assessment plays a crucial role in education as teachers can track students' development through their learning outcomes. However, teachers tend to struggle to assess according to predefined standards. As a result, students do not experience holistic and transformative growth in their learning. The purpose of this writing is to elucidate the study of the Christian educational perspective on student assessment to achieve holistic and transformative learning. The method used is a literature review to examine and generate the basis of thought: (1) Encouraging students to respond to their identity as the image of God; (2) Assessment principles need to be comprehensive to achieve holistic and transformative learning. In conclusion, teachers play a vital role in assessing students' competencies, based on Biblical truth that encourages students to think critically, creatively, collaboratively, and communicatively. Suggestions for teachers include consistent implementation of assessment principles, knowing the true truth through the Word of God in the Bible, seeking the help of the Holy Spirit in assessment, and collaborating with parents to facilitate student learning at home.
Penilaian berperan penting dalam pendidikan karena guru dapat mengetahui perkembangan siswa melalui hasil belajar siswa. Namun guru cenderung belum mampu menilai sesuai standar yang telah ditentukan. Akibatnya siswa tidak mengalami pertumbuhan holistik dan transformatif dalam pembelajaran. Tujuan penulisan ini untuk memaparkan kajian perspektif pendidikan Kristen tentang penilaian siswa untuk mencapai pembelajaran yang holistik dan transformatif. Metode yang digunakan yaitu kajian literatur untuk mengkaji dan menghasilkan dasar pemikiran: (1) Mendorong siswa untuk meresponi identitasnya sebagai image of God; (2) Prinsip penilaian perlu komprehensif untuk mencapai pembelajaran yang holistik dan transformatif. Kesimpulannya yaitu guru memiliki peranan penting dalam menilai kompotensi siswa secara utuh, bersumber pada kebenaran Alkitabiah yang mendorong siswa berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Saran bagi guru yaitu, implementasi prinsip penilaian perlu secara konsisten, mengetahui kebenaran sejati melalui Firman Tuhan dalam Alkitab, meminta pertolongan Roh Kudus dalam menilai, serta bekerjasama dengan orang tua untuk memfasilitasi siswa saat belajar di rumah.
Unduhan
Referensi
Awalia , Suhandi Marwah, and Robi'ah Fajryatur . "Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru." Jurnal Basic Edu 6 (2022): 5941.
Braun, H. et al. Improving Education Through Assesment, Innovation, and Evaluation. Cambridge: American Academy od Arts and Sciences, 2006.
Brummelen, Harro Van. Batu Loncatan Kurikulum: Berdasarkan Alkitab. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press, 2008.
—. Berjalan dengan Tuhan di dalam Kelas. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press, 2006.
Cerelia, Jessica Jesslyn, et al. "Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia." Seminar Nasional Statiska X (Seminar Nasional Statiska X), 2021: 2.
Debora, Eugene, and Priyanti Neng. "Implementation of Holistic Learning For Young Learners Is It Possible and What Can Teachers Do To Make It Happen." Polyglot: Jurnal Ilmiah 18 (Januari 2022): 37.
Earl, Lorna M. Assessment as Learning: Using Classroom Assesment to Maximize Student Learning. Second. CA: Hawker Brownlow, 2014.
Erickson, M. J. Christian Theology. US of America: Baker Book House Company, 1985.
Frame, J. M. The Doctrine of the Knowledge of God. US of America: P & R Publishing, 1987.
Grudem, Wayne. Systematic Theology: An Introduction to Biblical Doctrine. USA : Grand Rapids, MI: Zonderva, 2009.
Hairun, Yahya. Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Hardika. Pembelajaran Transformatif Berbasis Learning How To Learn: Teori, Model, dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Malang: UMM Press, 2012.
Hutahaean, Wendy Sepmady. Kepemimpinan Transformatif. Malang: Ahli Media Press, 2021.
Jatirahayu, Warih. "Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan." Jurnal Ilmiah Guru ''Cope'', November 2013: 47.
Knight, George R. Filsafat dan Pendidikan: Sebuah Pendahuluan dari Perspektif Kristen. Jakarta: Universitas Pelita Harapan Press, 2006.
Kusaeri, and Suprananto. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
Mansyur, Abd. Rahim. "Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia." Education and Learning Journal, 2020: 113.
Marto, Hasia. Pendekatan Holistik Dalam Pembelajaran Matematika. Makassar: Pustaka Refleksi, 2016.
Mawati, Arin Tentrem, et al. Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Mezirow, J, and E. W Taylor. Transformative learning in practice: Insight from community, workplace, and higher education. San Fransisco, California: Jossey Bass, 2009.
Muri, Yusuf A. Asesmendan Evaluasi Pendidikan; Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2015.
Panggabean, Dedy. Mengapa Aku Mengajar? Memandang kepada Kristus Sang Juru Agung. Jakarta: Literatur Perkantas, 2019.
Panjaitan, R. L. Evaluasi Pembelajaran SD Berdasarkan Kurikulum 2013. Sumedang: UPI Sumedang Press, 2014.
Rusdiana, Herman, Kamin Sumardi, and Enang S. Arrifiyanto. "Evaluasi Hasil Belajar Menggunakan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Sistem Refrigerasi." Journal of Mechanical Engineering Education 1 (2014): 275.
Sadapotto, Andi, Muhammad Hanafi, and Usman. Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
Sarkadi. Tahapan Penilaian Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2020.
Shofihara, Inang Jalaludin. Sejauh Mana Orang Tua Bisa Membantu Mengerjakan PR Anak? Januari 29, 2022. https://kilaspendidikan.kompas.com/ruangguru/read/2022/01/29/090900271/sejauh-mana-orangtua-bisa-membantu-mengerjakan-pr-anak.
Sukarman Purba, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Bertha Natalina Silitonga. Metodologi Penelitian Bidang Pendidikan. Edited by Ronal Watrianthos. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Suyadi. Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran. Sidoarjo: Ziatama Jawara, 2021.
Wiramihardja, Sutardjo. Pengantar Filsafat. Bandung: PT Reffika Aditama, 2007.