Meningkatkan Sikap Kebangsaan Peserta Didik Melalui Pendidikan Kristiani dengan Pendekatan Model Quantum Teaching

Authors

  • Marthen Luther Mau Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Ngabang

DOI:

https://doi.org/10.47167/kharis.v4i1.89

Keywords:

national attitudes, teaching, Christian education, quantum teaching models

Abstract

Some teachers carry out teaching activities that are less effective because they are still teacher-centred so that students are less active and creative in learning. The national attitude of students is very necessary, therefore Christian teachers need to make efforts to improve teaching in changing behaviour, increasing the knowledge and skills of students in school institutions. School institutions are the main choice for educating the nation's children, using a quantum teaching approach. The purpose and objective of this research are to strive for a fun, comfortable, and satisfying teaching process for students in a learning environment to increase the national attitude expected by the general public. This study uses a qualitative method with an observation approach and a semi-standard type of interview. The findings are that teaching using a quantum teaching approach in forming study groups of 2-4 student members can increase the effectiveness, creativity, and proactivity of the students when studying in the classroom. So, through study groups of 2-4 members of students when studying in class, it is very helpful for students to behave to increase motivation in learning, ability in learning, and high interest in reading so that they get enough knowledge for their own interests and build interests. people.


Abstrak 

Sebagian guru melakukan kegiatan pengajaran yang kurang efektif karena masih berorientasi pada teacher centered sehingga peserta didik kurang aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Sikap kebangsaan peserta didik amatlah diperlukan karena itu guru Kristen perlu berupaya untuk meningkatkan pengajaran dalam mengubah perilaku, meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan peserta didik di lembaga sekolah. Lembaga sekolah menjadi pilihan utama untuk mencerdaskan anak bangsa, dengan menggunakan pendekatan quantum teaching. Maksud dan tujuan penelitian ini untuk mengupayakan proses pengajaran yang menyenangkan, nyaman, dan memuaskan peserta didik dalam suatu lingkungan belajar untuk meningkatkan sikap kebangsaan yang diharapkan oleh khalayak ramai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan observasi dan jenis wawancara semi standar. Hasil temuannya ialah pengajaran dengan menggunakan pendekatan quantum teaching dalam membentuk kelompok belajar 2-4 anggota peserta didik dapat meningkatkan keefektivan, kreatif, dan proaktif dari para peserta didik saat belajar di ruang kelas. Jadi, melalui kelompok belajar 2-4 anggota peserta didik ketika belajar di kelas sangat menolong peserta didik dalam bersikap untuk meningkatkan motivasi dalam belajar, kemampuan dalam belajar, dan minat membaca yang tinggi, sehingga mendapatkan ilmu pengetahuan yang cukup untuk kepentingan diri sendiri dan membangun kepentingan orang banyak. 


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyaningrum, A. D., AD, Y,. Asyhari, A., Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 02 no. 3 (2019):372-379.

Candrarini, K. P., Sunarto, N., Jonet, A., Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Strategi Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X-6 Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanaganyar Tahun Pelajaran 2017/2018, BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi 4 no. 1 (2018):1-19.

Djaya, I. D., Hardori, J., Paruntung, J. P., Kontribusi Pembelajaran PAK Terhadap Kerohanian Siswa di SMPN 122 Jakarta Utara, Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11 no. 1 (2020): 54-62.

Hardianti, S., dan Juliani, R., Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Patumbak, Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan 2 no. 4 (2016): 42-48.

Hutapea, R. H., Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013, JIREH- Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity 1, no. 1 (2019): 18-30.

Kasiyun, S., Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya 1, no. 1 (Maret 2015): 79-95.

Khotimah, U. K., Ariani, T., Gumay, O. P. U., Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Isika Siswa Sma Negeri Jayaloka, SPEJ (Science and Physics Education Journal) 1, no 2 (2018):103-110.

Kristianto, P. L. 2000. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Lararenjana, E., Sikap Nasionalisme adalah Bentuk Kebanggaan Terhadap Negara, disediakan di https://www.merdeka.com/jatim/sikap-nasionalisme-adalah-bentuk-kebanggaan-terhadap-negara-berikut-penjelasannya-kln.html diakses pada tanggal 15 Mei 2021.

Marwanti, E., Membangun Semangat Nasionalisme di Sekolah Melalui Kearifan Lokal, Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3,no. 1, (September 2016): 55-63.

Mau, M. 2016. Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Views.

_____________________. 2016. Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Keperibadian Peserta Didik. Jakarta: PT Views.

________________, Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1 no. 2, (2020): 145-161.

Nur; Yatim, Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala 1994:684 disediakan di https://www.merdeka.com/jatim/sikap-nasionalisme-adalah-bentuk-kebanggaan-terhadap-negara-berikut-penjelasannya-kln.html diakses pada tanggal 15 Mei 2021.

Papasi, J., Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri I Totikum Sulawesi Tengah, Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 7 no. 4 (2020): 339-347.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesa Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Pasal 1 ayat 36.

Pratama, F. A., Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Melalui Strategi TANDUR Untuk Meningaktkan Kompetensi Kognisi Siswa, Jurnal Ilmiah Edukasi 6 no. 1 (Juni 2018):183-192

Priyambodo, A. B., Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air Pada Sekolah Berlatar Belakang Islam di Kota Pasuruan, Jurnal Sains Psikologi 6, no. 1, (Maret 2017): 9-15.

Sanjaya, W,. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Pranada Media Group.

Satori, D., dan Komariah, A,. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sitompul, S. R., Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan 5 no. 4 (2019):343-348.

Sumber Belajar Kemdikbud disediakan di https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/06/ 173719469/ menerapkan-semangat-kebangsaan-dan-patriotisme-dalam-kehidupan? Diakses pada tanggal 15 Mei 2021

Supramono, A., Pengaruh Model Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur, Jurnal Nalar Pendidikan 4, no. 2 (Jul-Des 2016): 80.

Wawancara dengan Ardadi pada hari Senin, 5 April 2021.

Wawancara dengan Filadelfia, Vika Yunisa Putri, Julia Yasmine pada hari Senin, 5 April 2021.

Wawancara dengan Mikhael Jorgi pada hari Senin, 5 April 2021.

Wawancara dengan Nimiarti Ogi, Ardadi pada hari Senin, 5 April 2021.

Wawancara dengan Novi Anjeli pada hari Jumat 9 April 2021.

Wawancara dengan Peri pada hari Senin, 29 Maret 2021.

Wawancara dengan Sisilia Savitri, Jaela Selafia pada hari Senin, 5 April 2021.

Wawancara dengan Tia Noviana pada hari Senin, 29 Maret 2021.

Wawancara dengan Villien pada hari Jumat 9 April 2021.

Wawancara dengan Yunita Defa Febrina pada hari Jumat 9 April 2021.

Wote, A. Y. V., Sasingan, M., Kitong, O. E., Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teachingdalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA, Journal of Education Technology 4 no. (2020):96-102.

Wutsqa, T., Dhoriva, U., Perbandingan Keefektifan Quantum Teaching Dan Tgt Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Prestasi Dan Motivasi, Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2 no. 2 (November 2015): 297-307.

Yahya, H., Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMS Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek 5 no. 1 Juni (2017):155-166.

Yanto, A., Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling 1, no. 1 (2018):11-16.

Yanuarti, A., Sobandi, A., Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1 no. 1, (2016): 11-18.

Yosefa, B., dan Nurjanah, E., Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Menggunakanmind Mapping Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Siswa Smp Kelas VIII,” Jurnal Pengajaran MIPA 18, no. 2 (Oktober 2013):146-151.

Zafi, A. A., Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Purworejo 02 Pati. Jurnal Al Qalam 19, no. 2 (Desember 2018):1-12.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Meningkatkan Sikap Kebangsaan Peserta Didik Melalui Pendidikan Kristiani dengan Pendekatan Model Quantum Teaching. (2021). KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 4(1), 115-131. https://doi.org/10.47167/kharis.v4i1.89