Strategi Pendidikan Agama Kristen bagi Remaja dalam Membentuk Konsep Diri guna Menghadapi Krisis Identitas akibat Penggunaan Media Sosial

Authors

  • Jellyan Alviani Awang Magister Sosiologi Agama Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Iky S. P. Prayitno Pascasarjana Sosiologi Agama, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Jacob Daan Engel Pascasarjana Sosiologi Agama Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.47167/kharis.v4i1.64

Keywords:

Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga, Pola Asuh Orangtua, Perilaku Sosial Remaja.

Abstract

The main problem of adolescents in the social media era is The identity crisis. Adolescents who have an identity crisis need achievement identity to determine their self-concept. The phenomenon of social media that shows the illusion of the perfect lifestyle can make adolescents run into an identity crisis due to their inability to comply with social standards. Christian religious education is education to develop a Christian personality and will have a positive impact on adolescents to be able to solve their problems. The result of this study provided attempts to reconstruct the religious education strategy to form and improve a self-concept that shows a Christian character so that they can understanding their existence as a whole as God's creation. 


Abstrak

Masalah utama para remaja di era media sosial adalah krisis identitas. Remaja yang mengalami krisis identitas memerlukan pencapaian identitas agar dapat menentukan konsep diri. Fenomena media sosial yang menampilkan ilusi kesempurnaan gaya hidup dapat menjadikan remaja mengalami krisis identitas akibat ketidakmampuan untuk mengikuti standar sosial. Pendidikan Agama Kristen ialah pendidikan untuk menumbuh kembangkan kepribadian Kristen yang berdampak positif dalam diri remaja agar dapat mengatasi masalah krisis identitas yang dihadapi. Penelitian ini menghasilkan strategi pendidikan Kristen untuk membentuk dan meningkatkan konsep diri yang dapat menampilkan karakter Kristen sehingga dapat memaknai eksistensi dirinya secara utuh sebagai ciptaan Allah. 


Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, L. Teori Konsep diri Carl R. Rogers 1. Muaddib, 3 no.1(2014): 87–99. Diakses 2 Desember 2020 http://journal.umpo.ac.id/index.php/MUA/article/view/29

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja. Jnc, 3 no.1(2018):41–53

Ayun, P. Q. Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. CHANNEL, 3 no. 2 (2015): 1–16. https://doi.org/10.24090/komunika.v11i2.1365

Busro, Dr, M. Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenamedia Group. 2018.

Daniel Numahara. Pembimbing PAK. Bandung:Jurnal Info Media. 2007.

Felita, P., Siahaja, C., Wijaya, V., Melisa, G., Chandra, M., & Dahesihsari, R. Pemakaian Media Sosial Dan Self Concept Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 5 no.1 (2016): 30–41.

Gana, K. Psychology of Self-concept. New York: Nova Science Publishers. 2012.

Gulo, Y., Evimalinda, R., & Lahagu, A. Peran PAK Dalam Membentuk Mental Positif Generasi Kristen Di Era Millenial. Real Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5 no.1(2020): 17. diakses 5 Desember 2020. https://osf.io/ypqk5/

Huriati, & Hidayah, N.. Krisis Identitas Diri pada Remaja. Sulesana, 10 no.1(2016): 49–62. diakses 2 Desember 2020. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/view/1851

Hurlock, E. B. Psikologi perkembangan: Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan. Jakaerta: Erlangga Khatima. 2016.

Ismail, A. Ajarlah mereka melakukan. Jakarta: BPK. 2004.

Jhon W. Santrock. Life-Span Development perkembangan masa hidup .Jakarta: Penerbit Erlangga. 1995.

Krismawati, Y. Teori Psikologi Perkembangan Erik H. Erikson dan Manfaatnya Bagi Tugas Pendidikan Kristen Dewasa Ini. Kurios, 2 no.1 (2018): 46. diakses 2 Desember 2020. https://doi.org/10.30995/kur.v2i1.20

Matondang, S. Memahami Identitas Diri Remaja dalam Kristus Menurut Efesus 2:1-10. Illuminate Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1no.1 (2018): 105–124.

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013.

Nurudin. MEDIA SOSIAL BARU DAN MUNCULNYA BRAGGADOCIAN BEHAVIOR DI. 10 no.1 (2018): 26–36.

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 no.1(2016). Diakses 3 Desember 2020 https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625

Syamsu, Y. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosdakarya. 2002.

W, Fowler, J. Teori Perkembangan Kepercayaan: Karya-karya Penting James W. Fowler (A. Supratiknya (ed.)). Yogyakarta: Kanisius. 1995.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi Pendidikan Agama Kristen bagi Remaja dalam Membentuk Konsep Diri guna Menghadapi Krisis Identitas akibat Penggunaan Media Sosial. (2021). KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 4(1), 98-114. https://doi.org/10.47167/kharis.v4i1.64