Mewartakan Injil pada Anak Usia 0-2 Tahun Menggunakan Metode Pembacaan Alkitab secara Nyaring di Masa Pandemi

Authors

  • Karnawati Karnawati Sekolah Tinggi Teologi Baptis Indonesia, Semarang, Jawa Tengah
  • Aji Suseno Sekolah Tinggi Teologi Baptis Indonesia, Semarang, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.47167/kharis.v3i2.58

Keywords:

children 0-2 years, evangelism, pandemic, reading aloud, anak 0-2 tahun, pandemi, pewartaan Injil, pembacaan nyaring

Abstract

Pandemic causes Sunday school activities as a means of spreading the Gospel especially for children aged 0-2 years did not work properly. Parents as the party most responsible for the spiritual needs of children need the help of an appropriate way of spreading the gospel. The purpose of this research is to propose a method of evangelizing parents aged 0-2 years old in a pandemic situation with an appropriate method. This research uses a descriptive qualitative approach. The results of the study found that the method of reading the Bible text aloud is a method that is very easy to apply by parents or other family members, easy to learn, does not require expensive costs, and does not require complicated material preparation. Besides, from being a means of evangelism, the method of reading the Bible aloud can provide the following benefits: helping children's brain development more optimally, influencing the development of language and imagination, training the ability to listen attentively, increasing children's vocabulary, increasing emotional relationships between children and parents,  introduce the concept of Bible to children, and improve literacy culture in the family environment.

 

Abstrak

Masa pandemi menyebabkan kegiatan Sekolah Minggu sebagai sarana mewartakan Injil, khususnya kepada anak usia 0-2 tahun tidak berjalan sebagaimana mestinya. Orang tua sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas kebutuhan rohani anak perlu mendapat pertolongan sebuah cara yang tepat dalam mewartakan Injil. Tujuan penelitian ini adalah menggagas sebuah metode pewartaan Injil yang dapat dilakukan oleh orang tua kepada anak usia 0-2 tahun di tengah situasi pandemi dengan metode yang tepat. Penelitan ini meng-gunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa metode mem-bacakan teks Alkitab secara nyaring merupakan metode yang sangat mudah untuk diterap-kan oleh orang tua atau anggota keluarga yang lain, mudah dipelajari, tidak memerlukan biaya yang mahal, serta tidak memerlukan persiapan materi yang rumit. Selain sebagai sarana penginjilan, metode membacakan Alkitab secara nyaring dapat memberi manfaat: membantu perkembangan otak anak lebih optimal, mempengaruhi perkembangan bahasa dan imajinasi, melatih kemampuan mendengar dengan penuh perhatian, menambah kosa kata anak, meningkatkan hubungan emosi antara anak dan orang tua, mengenalkan konsep tentang buku Alkitab pada anak, serta meningkatkan budaya literasi dalam lingkungan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benyamin, Priskila Issak. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta (2020).

Drane, John. Memahami Perjanjian Baru. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 1996.

Duane, and Deanna Hunt. Allah Adalah Allah Keluarga Desain Ilahi Untuk Keluarga, 2019.

Fowler, James W. Teori Perkembangan Kepercayaan. Yogyakarta: Kanisius, 1995.

Gunadi, Devita Intania Putri. “Peran Orang Tua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Membangun Karakter Jujur” (2019): 34–47.

Harmadi, Mariani, and Agung Jatmiko. “Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial.” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 16, no. 1 (2020): 62–74.

Hergenhahn, B.R., and Matthew H. Olson. Theories of Learning. 7th ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan. Edited by Ridwan Sijabat. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 1991.

Inten, Dinar Nur. “Peran Keluarga Dalam Menanamkan Literasi Dini Pada Anak Role of the FamilyToward Early Literacy of the Children.” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017): 23–32.

Kementerian Agama RI. “Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan Di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif Dan Aman Covid -19 Di Masa Pandemi.” Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia (2020): 1–4.

Mardhianto, Karnawati; “Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19 :” Didaché:Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 13–24.

Mardiharto, Mardiharto. “Pola Asuh Pendidikan Kerohanian Pada Anak.” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 15, no. 1 (2019): 23–27.

Mukhlisin, Murniati. “Dampak Covid-19 Pada Ekonomi Dan Keuangan Keluarga Kita.”

Mulyaningtyas, Rahmawati. “AKTIVITAS MEMBACA NYARING UNTUK ANAK USIA 0-2 TAHUN.” JURNAL INOVASI PENDIDIKAN 1 (2017): 37–49.

Nurkholifah, Desi, and Novan Ardy Wiyani. “Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini DOI : A . PENDAHULUAN Anak Usia Dini Berada Dalam Masa Keemasan Di Sepanjang Rentang Usia Perkembangan Manusia ( Wiyani , 2015 ). Perkembangan Anak Usia Dini Mencangkup Aspek Agama Dan Moral , Fisik-Motori” (2016): 60–76.

Peters, George W. A Biblical Theology of Missions. Malang: Gandum Mas, 2006.

Piper, John. C Oronavirus, 2020.

Purba, Asmat. “Tanggung Jawab Orang Tua Kristen Dalam Mendidikan Anak Menyikapi Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (2020): 86–100. http://www.stttorsina.ac.id/jurnal/index.php/epigraphe/article/view/148.

Putu, Karnawati; Hosana; I. “Lingkungan Proses Pembelajaran Yesus.” Veritas Lux Mea 1, no. 2 (2019): 76–87.

Sendjaja, Hendri M. “Pewartaan Injil Dalam Konteks Masyarakat Indonesia.”

Setiawan, Roosie. Membacakan Nyaring. Jakarta: PT Mizan Publika, 2017.

Siahaan, Harls Evan. “Hikmat Sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani: Refleksi 1 Raja-Raja 3:1-15.” DUNAMIS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani) 1, no. 1 (2016): 15–30. Accessed May 11, 2017. http://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis/article/view/99.

Sinaga, Rida. “Perilaku Sosialisasi Anak Ditinjau Dari Latar Belakang Keluarga.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 2, no. 1 (2019): 42–56.

Tarma, and Maya Oktaviani. “Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Literasi Keluarga.” Perspektif Ilmu Pendidikan 33, no. 2 (2019): 1–6.

Throntveit, Mark A., Carol Throntveit, Celia B. Marshall, David A. Renwick, and Clinton McCann Jr, eds. Alkitab Edisi Studi. 2012th ed. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2012.

Widjaja, Fransiskus Irwan, and Noh Ibrahim Boiliu. Misi Dan Pluralitas Keyakinan Di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2019.

Yayasan Lembaga Sabda. “Alkitab.”

Tafsiran Alkitab Wycliffe. Malang: Gandum Mas, 2001.

Downloads

Published

2021-01-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

Mewartakan Injil pada Anak Usia 0-2 Tahun Menggunakan Metode Pembacaan Alkitab secara Nyaring di Masa Pandemi. (2021). KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(2), 132-147. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i2.58