Kecerdasan Emosional dalam Mengatasi Tekanan pada Masa Akhir Studi
DOI:
https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.36Keywords:
emotional intelligence, emotional maturity, student stress, student’s thesis, kecerdasan emosional, kematangan emosi, stres mahasiswa, tugas akhiAbstract
This paper specifically wants to give a different perspective to the final year students who are facing the final period of completion of their studies. Challenges from an economic standpoint, various difficulties when preparing the final project, difficulties in establishing good interaction and communication with the mentors, even the difficulties of students in dealing with the diversity of ways of thinking among the guiding lecturers. This often makes students depressed, feel hopeless, even stressed, which can result in the disruption of personal health. By using library research methods, researchers show that the emotional intelligence of students in overcoming stresses or difficulties at the end of the study.
Abstrak
Tulisan ini secara khusus hendak memberikan sebuah sudut pandang yang berbeda terhadap mahasiswa tingkat akhir yang sedang menghadapi masa-masa akhir penyelesaian studinya. Tantangan dari sudut ekonomi, berbagai ragam kesulitan ketika sedang menyusun tugas akhir, kesulitan dalam membangun interaksi dan komunikasi yang baik dengan para pembimbing, bahkan kesulitan mahasiswa di dalam menghadapi ketidakseragaman cara berpikir antar dosen pembim-bingnya. Hal ini sering sekali menjadikan mahasiswa menjadi tertekan, merasa putus asa, bahkan stress, yang dapat berakibat terganggunya kesehatan diri. Dengan menggunakan metode penelitian pustaka, peneliti menujukkan bahwa kecerdasan emosional mahasiswa dalam mengatasi tekanan atau kesulitan pada masa akhir studi.
Downloads
References
Abi, Antonius Remigius. “Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan Pendidikan.” SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2019): 60–68.
Achmad, S. 2008, Hubungan Antara Perilaku Asertif, Stres Dan Self Estem Dengan Depresi Pada Manusia. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
Arsaningtias, Rosdiana Putri. 2017, Analisis Faktor Stresor Yang Berhubungan Dengan Stres Mahasiswa Program Studi S1 Yang MelaksanakanSkripsi di Universitas AirlanggaSurabaya.http://repository.unair.ac.id/74982/1/FKP%20N%20167_18%20Ars%20a%20ABSTRAK.pdf.
Goleman, Daniel. 2002, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi.Jakarta: Erlangga
Gulo, D & Kartono K. 2007, Kamus Psikologi. Bandung: Pioner Jaya
Hamim, Rosyidi. 2015, Psikologi Kepribadian; Paradigma Psikoanalisa.Surabaya: Jaudar Press
Hastanto, Ikhwan. 2019, Survei: 20 Persen Mahasiswa di Bandung Terpikir Bunuh Diri, Kesehatan Mental Isu Mendesak. Dipost pada 14 Oktober 2019 pada laman: https://www.vice.com/id_id/article/a35y4p/survei-20-persen-mahasiswa-di-bandung-terpikir-bunuh-diri-kesehatan-mental-isu-mendesak-bagi-anak-muda-indonesia.
Hubbard L. Ron. 2017, Dianetik, Ilmu Pengetahuan Modern Tentang Kesehatan Mental.Bandung: Pioner Jaya
L, Atkinson. 2013, Pengantar Psikologi.Jakarta: Erlangga
Maramis, W. E. 2004, Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press
Mariyanti, Sulis. Seminar Psikologi dan Kemanusiaan Dengan Topik Model Strategi Coping Penyelesaian Studi sebagai Efek Stressor Serta Implikasinya Terhadap Waktu Penyelesaian Studi Mahasiswa Universitas Esa Unggul: Studi pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul yang telah Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Psikologi, Fakultas Psikologi -Universitas Esa Unggul Jakarta, 2015, hal. 18
Markam, Saparina S. 2011, Psikologi Diri. Jakarta: Rineka Cipta
Rauli Simamora, May, Johanes Waldes Hasugian, and Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara. “Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 13–24. www.ruangguru.com.
Segal, Jeane. 1999, Meningkatkan Kecerdasan Emosional. Jakarta: Citra Aksara
Susanti, Lidia. “Implementasi Motivasi Belajar Model ARCS (Attention, Relevence, Confidence, Satisfaction) Siswa Kelas XI Di SMA Charis Malang.” In Seminar Nasional Psikologi, 485–495, 2018.
Susanti, Lidia, and Carla Imbiri. “Implementasi Motivasi Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 4, no. 2 (2020): 254–263.
Wade & Tavris. 2007, Psikologi. Jakarta: Erlangga
Widyastuti, Palupi.2004, Manajemen Stres.Jakarta: EGC