Pendidikan Agama Kristen Transformatif: Kunci Pembentukan Karakter dan Pertumbuhan Rohani Siswa

Authors

  • Sandra Rosiana Tapilaha Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47167/bwdqxx70

Keywords:

character building, holistic approach, spiritual discipline, spiritual growth, technology in education

Abstract

A holistic approach allows for the integration of Christian values into daily life, so that students not only understand religious doctrine theoretically, but also experience and apply it in real life. In addition, the integration of technology and digital media in religious education is an effective means of increasing student engagement, especially for Generation Alpha, who are growing up in a digital environment. The application of active participation-based spiritual discipline also serves as the foundation for continuous spiritual growth, where students are invited to experience faith in a tangible way through Bible reflection, communal prayer, and involvement in social service. This study employs a qualitative method, combining literature reviews from various sources, including book libraries and other academic research. Data was analyzed descriptively to evaluate the effectiveness of the holistic approach in Christian religious education. The results of the study show that it significantly improves students' understanding and experience of faith. The conclusion of this study affirms that transformative Christian religious education must accommodate these various aspects in order to shape individuals who not only have strong religious knowledge but are also able to apply these values in their lives.

 

Pendekatan holistik memungkinkan integrasi nilai-nilai kristiani dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa tidak hanya memahami doktrin agama secara teoretis, tetapi juga mengalami dan menerapkannya dalam tindakan nyata. Selain itu, integrasi teknologi dan media digital dalam pembelajaran agama menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa, terutama Generasi Alpha yang tumbuh dalam lingkungan digital. Penerapan disiplin spiritual berbasis partisipasi aktif juga menjadi fondasi bagi pertumbuhan rohani yang berkelanjutan, di mana siswa diajak untuk mengalami iman secara nyata melalui refleksi Alkitab, doa bersama, dan keterlibatan dalam pelayanan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang menggabungkan studi literatur dari berbagai sumber, termasuk perpustakaan buku dan penelitian akademik lainnya. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan holistik dalam pendidikan agama Kristen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan meningkatkan pemahaman dan pengalaman iman siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan agama Kristen yang transformatif harus mengakomodasi berbagai aspek ini agar dapat membentuk individu yang tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang kuat, tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfikri, Adam Wildan. “Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Peran Pendidikan Karakter Generasi Z dalam Menghadapi Tantangan Di Era Society 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2023, 21–25. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes.

Anto, Boy, dan Ando Silitonga. “Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Berbasis Teknologi untuk Dewasa Muda” 5, no. 1 (2025). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i1.1407.

Barna, George. Transforming Children into Spiritual Champions: Why Children Should Be Your Church’s #1 Priority. Ventura, CA: Gospel Light Publications, 2003.

Einstein, Albert. “H . Sapiens Digital : From Digital Immigrants and Digital Natives to Digital Wisdom Digital Wisdom.” Innovate 5, no. 3 (2001): 1–6.

Evanirosa Christina Bagenda, et al. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2022.

Foster, Richard J. Celebration of Discipline: The Path to Spiritual Growth. San Francisco: HarperSanFrancisco, 1998.

Freire, Paulo. Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum, 1970.

———. “Pedagogy of the Oppressed,” 374–386. London: Routledge, 2020.

———. “Pedagogy of the Oppressed.” In Toward a Sociology of Education, 374–386. London: Routledge, 2020.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. 1 ed. Bandung: CV Alfabeta, 2022.

JASMINE, KHANZA. Pendidikan Agama Kristen di Era Digital. Diedit oleh Samuel Siringo Ringo dan Romika. WIDINA MEDIA UTAMA, 2014.

Lickona, Thomas. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2022.

Marbun, Elisabeth. “" Pendidikan Kristen di Era Digital : Menjaga Iman di Tengah Arus Teknologi ".” JURNAL SENSASI 2, no. 3 (2025): 1–9.

Marbun, Tolop Oloan. “Shalom Sebagai Konsep Keselamatan Yang Holistik.” Jurnal Luxnos 5, no. 2 (2019): 147–57. https://doi.org/10.47304/jl.v5i2.23.

Palmer, Parker J. To Know as We Are Known: Education as a Spiritual Journey. 2nd ed. San Francisco: HarperOne, 2013.

Rajagukguk, Kiki Pratama, Deni Hartanto, dan Agus Noviar Putra. “Pelatihan Teknologi dan Digitalisasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Dasar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2023): 8–13.

Ribka Ekaristy, dan Jhonnedy K Nauli. “HASIL BELAJAR DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Tuhan dan Juruselamat , serta ajaran-ajaran-Nya yang menjadi dasar iman Kristen yang menjadi manusia untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa , memahami karena model konvensional yang kurang melibatkan peserta.” Tevunah Kristen, Pendidikan Manurung 2 (2024): 211–25. https://doi.org/10.59361/tevunah.v2i2.33.

Ruhupatty, Petra Marsel. “Pemuda Kristen Sebagai Tulang Punggung Pelayanan Gereja Dalam Kajian PAK Spiritual.” Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2023): 103. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/.

Saap, Sadrakh Wicaksono. “Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Perkembangan Spiritual Peserta Didik dalam Konteks Pendidikan Agama Kristen melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Pengalaman.” Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen IX, no. 1 (2023): 54–62.

Sabda, Yayasan. Pembentukan Disiplin Rohani (PDR). Ministry Learning Centre, 2019.

Sahertian, Wilhelmina. “PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PAK DI ERA DIGITAL.” Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 3 (2024): 523–31.

Subasman, Iman, Dian Widiantari, dan Rusi Rusmiati Aliyyah. “Dinamika Kolaborasi Dalam Pendidikan Karakter: Wawasan Dari Sekolah Dasar Tentang Keterlibatan Orang Tua Dan Guru.” Journal on Education 6, no. 2 (2024): 14983–93.

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Syafitri, Syarifah, Muhammad Sholeh, Afiona Fransiska, Anas Tasya, Athylla Friska Amanda, Dina Mauliya Lorenza, Rahmad Hidayat, dan Verny Nur Hoiriyah. “Transformasi Karakter Peserta Didik Akibat Penggunaan Teknologi.” NUSRA : Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2024): 499–508. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2496.

Tefbana, Dance Manekat, Ezra Tari, dan Hendrik A.E Lao. “Implikasi Pendidikan Holistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Kristen Rehobot Oebelo.” Didache: Journal of Christian Education 3, no. 1 (2022): 73. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.537.

Tilaar, Henry Alexis Rudolf. Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia bekerja sama dengan Center for Education and Community Development Studies, 2002.

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Wasari, Desi, Carolina Etnasari Anjaya, dan Yonatan Alex Arifianto. “Misi melalui Pelayanan Holistik dalam Pendidikan Kristiani.” DIDAKTIKOS Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2022): 56–67. https://doi.org/10.32490/didaktik.v5i2.143.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Wiryadinata, Halim, Epafras Mujono, Paulus Dimas Prabowo, Meike Lely Lewankoru, Udin Firman Hidayat, Erwin Zai, Rezeki Putra Gulo, et al. INOVASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Diedit oleh Desi Sianipar. CV WIDINA MEDIA UTAMA. Bandung: CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2024.

Wiseman, Karyn. “James K. A. Smith, Desiring the Kingdom: Worship, Worldview, and Cultural Formation.” Homiletic 37 (24 Desember 2012). https://doi.org/10.15695/hmltc.v37i2.3744.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pendidikan Agama Kristen Transformatif: Kunci Pembentukan Karakter dan Pertumbuhan Rohani Siswa. (2025). KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 7(2), 383-400. https://doi.org/10.47167/bwdqxx70