Perilaku Sosialisasi Anak Ditinjau dari Latar Belakang Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.47167/kharis.v2i1.28Keywords:
early childhood, Family's background, socialization behavior, anak usia dini, latar belakang keluarga, perilaku sosialisasiAbstract
The article entitled "The Behavior of Children Socializing Viewed by Family’s Background" focuses on the social behavior of children carried out in Integrated Bina Kasih Kindergarten in Rumah Sumbul Village, Sibolangit. The research method used a descriptive qualitative method. Data collection through observation and interviews with parents. Observation using observation sheets. Child socialization behavior observed in children based on family background, namely adjusting the place, making friends, sympathy and empathy, cooperative, and manners. While the family background is focused on parental education, employment, income, parental integrity, and a number of children. This study found that children with a good family background were found to have a tendency towards good socialization behavior and children who had a poor family background tended to have poor socialization behavior. This shows that family background has a strong relationship in the development of children's socialization behavior. The existence of parents really determines the way they treat children and that too is then embedded and developed in children.
Abstrak
Artikel yang berjudul ”Perilaku Sosialisasi Anak Ditanjau Dari Latar Belakang Keluarga” fokus pada perilaku sosial anak yang dilakukan di Taman Kanak-Kanak Bina Kasih Terpadu di Desa Rumah Sumbul, Sibolangit. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara kepada orang tua. Pengamatan menggunakan lembar observasi. Perilaku sosialisasi anak yang diamati dalam diri anak berdasarkan latar belakang keluarga, yaitu penyesuaian tempat, berteman, simpati dan empati, kooperatif, dan sopan santun. Sedangkan latar belakang keluarga difokuskan pada pendidikan orang tua, pekerjaan, penghasilan, keutuhan orang tua, dan jumlah anak. Penelitian ini menemukan bahwa anak dengan latar belakang keluarga yang baik didapati memiliki kecenderungan perilaku sosialisasi baik dan anak yang latar belakang keluarga kurang baik cenderung memiliki perilaku sosialisasi yang kurang baik. Hal ini menunjukkan bahwa latar belakang keluarga memiliki hubungan yang kuat dalam perkembangan perilaku sosialisasi anak. Keberadaan orang tua sangat menentukan cara mereka memperlakukan anak dan hal itu pula yang kemudian tertanam dan berkembang dalam diri anak.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional.. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka, 2001.
Diagram Group.. Tubuh Anak, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1990.
Djarinah, Fathul, dkk. Kekerasan Terhadap Istri, Yogyakarta: LKIS, 2003.
Gottman, Jhon & DeClaire, Juan. Mengasuh Anak Dengan Hati, Yogyakarta: Prisma Media, 2004.
Gunarsa, D, Singgih. Dasar dan Teori Perkembangan Anak, Jakarta: BPK Gunung Mulia1997
______ . Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research Jilid I, Yogyakarta: Andi Offset, 2000.
______ . Metodologi Research Jilid II, Yogyakarta: Andi Offset, 2000.
Hadisubrata, MS. Mengembangkan Kepribadian Anak, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1991.
Hurlock, B, Elisabeth. Psikologi Perkembangan Jilid I, Jakarta: Erlangga, 2003.
_______. Psikologi Perkembangan Jilid II, Jakarta: Erlangga, 2004.
Kartono, Kartini. Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis, Bandung: Mandar Maju, 1992.
Lie, Anita. 101 Menumbuhkan Percaya Diri, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2003.
Moleong, Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT remaja Rosdakarya, 1989.
Mujiran, Paulus. Pernik-Pernik Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Padmonodewo, Soemiarti. Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Prasetiyo, T, George. Smart Parenting, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2006.
Rimm, Sylvia. Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Sears, O, David, Fredman, L & Peplau, L, Anne. Psikologi Sosial, Jakarta: Erlangga, 1988.
Surya, Hendra.. Percaya Diri itu Penting, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2007.
Wijanarko, Jarot.. Anak Cerdas Berakhlak, Jakarta: Happy Holy Kids, 2007.
Wiriadmaja, Soekandar.. Pokok-Pokok Sosiologi Pedesaan, Bandung: CV Yasa Guna, 1987.
Wright, H, Norman. Menjadi Orang Tua Yang Bijaksana, Yogyakarta: Andi Offset, 2003.
Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Pendidikan Kristen Bagi Orang Dewasa Di Gereja.” Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2019): 36–54.
Hasugian, Johanes Waldes, Suardin Gaurifa, Sipora Blandina Warella, Jusuf Haries Kelelufna, and Josefien Waas. “Education for Children with Special Needs in Indonesia.” Journal of Physics: Conference Series 1175, no. 1 (2019).