Dampak Media Gambar dan Media Serbaneka terhadap Minat Anak Mendengarkan Cerita Alkitab

Authors

  • Yeremia Hia Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Juni Yarti Zega Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47167/kharis.v6i1.220

Keywords:

anak, Alkitab, media, gambar, pembelajaran, serbeneka

Abstract

Children's interest in listening to Bible stories can be stimulated by the selection of media used. Some of them are: image media and miscellaneous media. Both of these media are very relevant if they are used and designed effectively. However, the selection of inappropriate learning media can result in students or children experiencing a dislike of the learning given to them. For this reason, in order to stimulate and encourage children to feel at home and comfortable listening to Bible stories, at least two media are needed, namely: various media and pictures. This study used a qualitative method with a literature research approach. This study aims to provide an offer of thought on the existence of some children who experience decadence in their interest in listening to Bible stories due to improper media selection. The final conclusion of this study is that using pictures and various media can increase the interest of children aged 5-12 years in listening to Bible stories.


Minat anak mendengarkan cerita Alkitab dapat dipacu dengan pemilihan media yang digunakan. beberapa di antaranya yakni: media gambar dan media serbaneka. Kedua media tersebut sangat relevan apabila digunakan dan didesain dengan efektif. Namun, pemilihan media pembelajaran yang kurang tepat dapat mengakibatkan peserta didik atau anak mengalami rasa kurang suka terhadap pembelajaran yang diberikan kepadanya. Untuk itu, guna memacu dan memberikan dorongan kepada anak supaya betah dan nyaman mendengarkan cerita-cerita Alkitab dibutuhkan setidak-tidaknya dua media, yakni: media serbaneka dan gambar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan riset pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan tawaran pemikiran atas adanya sebagian anak yang mengalami dekadensi minat mendengarkan cerita Alkitab karena pemilihan media yang tidak tepat. Kesimpulan akhir penelitian ini adalah menggunakan media gambar dan serbaneka dapat meningkatkan minat anak usia 5-12 tahun mendengarkan cerita Alkitab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghni, Rizqi Ilyasa. “Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 16, No. 1 (2018). Https://Doi.Org/10.21831/Jpai.V16i1.20173.

Ahmad, Farid. Guru Sd Di Era Digital (Pendekatan, Media, Inovasi). Jawa Tengah: Cv. Pilar Nusantara, 2017.

Albi Anggito & Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Cv; Jejak, 2018.

Arsyad, A. Media Pembelajaran. Jakarta: Pt. Rajakrafindo Parsada, N.D.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Ayu Andriani, And T.Hadi Wibiwo Admaja, Ruhama Desy M. “Hasil Belajar Menggunakan Media Gambarlebih Baik Dibandingkan Dengan Media Komik Di Smp Negri 6 Langka.” Jeumpa:Jurnal Pendidikan Sains Dan Biologi 5, No. 1 (2018): 40–44.

Budiharto, And Suparman. “Pemanfaatan Multi Media Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Hasil Pembelajaran.” Jurnal: Seuneubok Lada 4, No. 1 (2017): 110–21.

Dkk, Sofyan. Evaluasi Dan Penegmbangan Kurikulum Agams Islam. Jawa Barat: Media Sains Indonesia, 2021.

Elisabeth. Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Usia Dini. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Febriyona, Cristie, Tri Supartini, And Like Pangemanan. “Metode Pembelajaran Dengan Media Lagu Untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan.” Jurnal Jaffray 17, No. 1 (2019): 123. Https://Doi.Org/10.25278/Jj71.V17i1.326.

Fidri, Muhamad. “Efektifitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal As-Said 6, No. 2 (2022): 41–48.

Henry Eryanto, Marsofiyanti. Perencanaan Pengajaran. Jakarta Timur: Unj Press, 2022.

Indriyani, Lemi. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Fkip, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2, No. 1 (2019): 17–26.

Khotimah, Sita Husnul, Titin Sunaryati, And Sri Suhartini. “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya Dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, No. 1 (2020): 676. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.683.

Marlina, Sherly, Fatiah Ferninda, Riska Septiana, Ahmad Walid, Tadris Ilmu, Pengetahuan Alam, Universitas Islam, Negeri Fatmawati, And Sukarno Bengkulu. “Evaluation Of Effective Science Learning Media In The Era Of The Covid-19 Pandemic At Smpn 20 Bengkulu.” Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro 7, No. 2 (2022): 139–43.

Miftah, Mohamad. Peran, Fungsi Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Bandung: Cv. Feniks Muda Sejahtera, 2022.

Mu’awanah. Strategi Pembelajaran : Pedoman Untuk Guru Dan Calon Guru. Jawa Timur: Stain Kediri Press, 2011.

Muhamad Fidri, Dkk. “Efektifitas Penggunaan Media Gambar Dalam.” Jurnal As-Said 6, No. 2 (2022): 41–48.

Muhibbinsyah. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Panjaitan, Seriani. “Media Gambar Seriani” 6, No. 1 (2017): 252–66.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Pribadi, Benny A. Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2017.

Qomariyah, Nurul. “Pengembangan Media Pohon Pintar Untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus Kelompok A Tkm Nu 295 Roudlotun Nafilah Griya Peganden Asri.” Jieec (Journal Of Islamic Education For Early Childhood) 3, No. 1 (2021): 28. Https://Doi.Org/10.30587/Jieec.V3i1.2248.

Ruhama Desy M, Ayu Andriani, And T. Hadi Wibowo Atmaja. “Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Lebih Baik Dibandingkan Media Komik Di Smp Negeri 6 Langsa,.” Jeumpa; Jurnal Pendidikan Sains Dan Biologi 5, No. 1 (2018): 40–44.

Rusydi, M. Rasyid. “Optimalisasi Peran Guru Dalam Proses Transformasi Pengetahuan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Oleh: Muhammad Rusydi Rasyid ?.” Jurnal Pendidikan 11 (2008): 55–68. Http://Journal.Uin-Alauddin.Ac.Id/Index. Php/Lentera_Pendidikan/Article/View/3762/3436.

S, J. Wiley And. Introduction To Quqlitqtive Research Methdos: A Guidebook And Resource. New Jersey, 2016.

Saddam Husein, Samad Umarella M. Sahrawi Saimima. “Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran.” Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, No. 2 (2018): 237. Https://Doi.Org/10.33477/Alt.V3i2.605.

Safitri, Apriani. “Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 3 Ranomeeto.” Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 20, No. 1 (2020): 24–36.

Sungkono. “Peran Benda Asli (Real Object) Dan Pemanfaatannya Dalam Proses Pembela.Jaran Di Sekolah Dasar.” Majalah Llmiah Pembelajaran Nomor 1, V (2007): 27–35.

Supartini, Mimik. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sdn Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Ips (Jppi) 10, No. 2 (2016): 1858–4985. Http://Ejournal.Unikama.Ac.Id/Index.Php/Jppi.

Syah, Muhibin. Psikologi Belajar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Usyeldi, Usyeldi. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pythagoras Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Viii.1 Smp Negeri 4 Baso.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 16, No. 2 (2016): 68–74. Https://Doi.Org/10. 24036/Pedagogi.V16i2.199.

Violensia, Ivena. “Pengembangan Media Pembelajaran Dadu Bergambar Untuk Keterampilan Berbicara Mahasiswa BIPA Tingkat Menengah.” BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya 4, no. 1 (2020): 87.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Dampak Media Gambar dan Media Serbaneka terhadap Minat Anak Mendengarkan Cerita Alkitab. (2023). KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 6(1), 54-70. https://doi.org/10.47167/kharis.v6i1.220