Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Dengan Menerapkan Faktor Kognitif Dalam Proses Pembelajaran Peserta Didik

Authors

  • Budiman Halawa Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47167/kharis.v6i1.219

Keywords:

faktor kognitif, guru PAK, kompetensi pedagogik, pembelajaran, peserta didik

Abstract

The organization of Christian Religious Education (CRE) at present is not easy due to significant challenges related to developments that can influence the faith and spirituality of students. Learning difficulties refer to situations faced by students during their participation in the learning process, caused by disruptions in neurological (cognitive) and psychological functions, as well as other aspects. These learning difficulties can be experienced by students in both general academic aspects and more specific fields. The purpose of this research is to integrate cognitive principles into pedagogical competencies with the aim of enhancing the quality of teaching and learning. To achieve this objective, the research utilizes a qualitative approach, relying on data collection and analysis rather than statistical calculations. Additionally, the author conducted a literature review using relevant sources on the pedagogical competencies of CRE teachers, integrating cognitive factors into the learning process, providing analysis, and explanations. The results of this research are intended to help improve the professionalism of CRE teachers in delivering more engaging, relevant, and meaningful learning materials to students. It also aims to enhance the quality of Christian religious education, assisting students in understanding and internalizing Christian values within the context of their lives.

 

Penyelenggaraan Pendidikan Agama Kristen saat ini tidaklah mudah karena dihadapkan pada tantangan berat yang terkait dengan perkembangan yang dapat mempengaruhi kehidupan iman dan spiritualitas peserta didik. Kesulitan belajar merujuk pada situasi yang dihadapi oleh peserta didik saat berpartisipasi dalam proses belajar karena gangguan dalam fungsi neurologis (kognitif) dan psikologis, serta gangguan pada aspek lainnya. Kesulitan belajar ini bisa dialami oleh peserta didik baik dalam aspek akademis secara umum maupun dalam bidang yang lebih spesifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan prinsip kognitif ke dalam kompetensi pedagogik, dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif karena mengandalkan hasil dari pengumpulan dan analisis data, bukan dari perhitungan statistik. Selanjutnya, penulis melakukan kajian pustaka dengan memanfaatkan berbagai literatur yang relevan tentang kompetensi pedagogik guru PAK dengan mengintegrasikan faktor kognitif dalam proses pembelajaran dengan memberikan analisis dan penjelasan. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk membantu meningkatkan profesionalisme guru PAK dalam menyampaikan materi pembelajaran yang lebih menarik, relevan, dan bermakna bagi peserta didik dan meningkatkan kualitas pembelajaran agama Kristen dan membantu peserta didik dalam memahami dan menginternalisasi nilai-nilai agama kristen dalam konteks kehidupan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Budiman Halawa, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
    Mahasiswa Magister STT SETIA Jakarta

References

Ahmad Qurtubi. Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori & Implementasi). 1st ed. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2019.

Akbar, Aulia. “Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 2, no. 1 (2021): 23-30.

Chomaidi, Salamah. Pendidikan Dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Gramedia, 2018.

Creswell, John W.. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Computer. Keempat. Jakarta, 2016.

Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. “Undang-Undang (UU) Tentang Guru Dan Dosen Nomor 14.” Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (2005): 2.

Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Edited by Sari Fatmawati. Jakarta, 2021.

Gunawan, Imam. Metode Kualitatif: Teori & Prakti. Edited by Suryani. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Habibullah, Achmad. “Kompetensi Pedagogik Guru.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 10, no. 3 (2012): 362–377.

Handarini, Dany Moenindyah. “Kontribusi Faktor-Faktor Non-Kognitif Pada Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research 1, no. 2 (2019): 62-72.

Harmadi, Mariani, and Agung Jatmiko. “Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial.” PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 16, no. 1 (2020): 62–74.

Ibnu, Trianto. Mendesain Model Pembelajaran-Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2014.

Ilat, Irene P, Mariana Lausan, Darmianus Harefa, Giovani Taaropetan, and Michael G Patuwo. “Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Indonesia 304” 8, no. 4 (2022): 304–310.

Johannes, Nathalia Yohanna. “Pendidikan Agama Kristen Sebagai Agen Pelaksana Sekolah Ramah Anak Christian Religious Education as an Implementing Agency for Child-Friendly Schools.” 11, no. 1 (2021): 29–38.

Karlau, Sensius Amon, and Ivo Sastri Rukua. “Menyemai Ilmu Dan Kompetensi Pedagogik 4.0 Oleh Guru Pendidikan Agama Kristen.” Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral 4, no. 1 (2023): 1–20.

Kusuma, Jaka Wijaya, Arifin, Dhanan Abimanto, Hamidah, Yuyun Dwi Haryanti, Ahmad Khoiri, Evi Susanti, Qoidul Khoir, Ni'ma M. Alhabsyi, Najamuddin Petta Solong. Strategi Pembelajaran. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri, 2023.

Kuswiyati. Pendampingan Berkelanjutan Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. 1st ed. Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indoensia, 2023.

Legi, Hendrik. Moral, Karakter, Dan Disiplin Dalam Pendidikan Agama Kristen. Edited by Malaechi Riwu. 1st ed. Tasikmalaya: EDU Publisher, 2020.

Liliweri, Alo. Filsafat Ilmu. Jakarta: Kencana, 2022.

Messakh, Jacob. “Korelasi Kompetensi Guru PAK SMA Negeri Se-Jakarta Dengan Identitas Sebagai Hamba Tuhan.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 47–59.

Muhammad Anwar H.M. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Muhtar. Tesis Dan Disertasi Dalam Kebenaran Ilmiah. Jember: Pustaka Abadi, 2019.

Nurfarhanah, Nurfarhanah. “Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Dalam Kegiatan Belajar.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 12, no. 2 (2012): 12.

Nurhadi. “Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 2, no. 1 (2020): 77–95.

Pemerintah Republik Indonesia. “Peraturan Pemerintah Nomor 74, Tahun 2008, Tentang Guru.” Pemerintah Indonesia, 2008.

Permatasari, Indah, Feriansyah Sesunan, and Ismu Wahyudi. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antar Model Guided Inquiry Dan Discovery Learning.” Journal of komodo Science Education 1, no. 1 (2018): 53–65.

Perumal, Pushpavali, Mohd Razimi Husin, and Suppiah Nachiappan. “Analisis Gaya Kognisi Dan Afeksi Murid Dalam Penulisan Karangan Bahasa Melayu Di Sekolah Rendah.” Journal of Humanities and Social Sciences 4, no. 1 (2022): 22–28.

Rusydiyah, Evi Fatimatur. Model Dan Strategi Kognitif Dalam Pembelajaran. 1st ed. Surabaya: Indo Pramaha, 2012.

Santrock, John W. Pskilologi Pendidikan. 4th ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2018.

Situmorang, Ester L., Hendri Hutapea, Yoeli Zai. “Kompotensi Pedagogik Guru PAK Terhadap Minat Belajar Siswa.” Real Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2018): 81-91.

Sulaiman, Warul Walidin dkk. Kompetensi Pedagogik Dosen Dan Strategi Peningkatan Kepuasan Belajar Mahasiswa. 1st ed. Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2020.

Sumardi. Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Timpal, Jeferson Davis Freny, and Valentino Reykliv Mokalu. “Pengaruh Kompetensi Spiritual, Pedagogik, Dan Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kualitas Belajar Mengajar Siswa.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 2 (2022): 708–722.

Urbayatun, Siti, Laila Fatmawati, Vera Yuli Erviana, Ika Maryani. Kesulitan Belajar Dan Gangguan Psikologis Ringan Pada Anak. Yogyakarta: K-Media, 2019.

Wau, Victorius. “Dinamika Pendidikan Agama Kristen Pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Kompetensi Pedagogik Yesus Dalam Injil Matius.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 132–148.

Wongkar, Anggrini Amelia, Yuel Sumarno, and Rini. “Agama Kristen Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11, no. 1 (2020): 1–7.

Yulianingsih, Dwiati, and Stefanus M. M. Lumban Gaol. “Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 1 (2019): 100-119.

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen Dengan Menerapkan Faktor Kognitif Dalam Proses Pembelajaran Peserta Didik. (2023). KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 6(1), 36-53. https://doi.org/10.47167/kharis.v6i1.219