Peran Guru Kristen Sebagai Fasilitator dalam Upaya Pembentukan Keaktifan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.47167/kharis.v5i1.160Keywords:
Christian teachers, facilitator, online learning, the student learning activity, fasilitator, guru Kristen, keaktifan belajar siswa, pembelajaran daringAbstract
The impact of the pandemic requires the world of education to implement the online learning system. However, the implementation of the online learning activity causes students to not be involved in discussions, or not do tasks as a result of boredom arising from monotonous learning systems and dense materials that must be studied. Because of that, the purpose of this research is to examine the role of Christian teachers as facilitators in efforts to establish the student learning activity reviewed from epistemological studies using literature study methods. The role of Christian teachers as facilitators not only facilitates students but also has an obligation to make each student a disciple of Christ and help them to learn actively and more responsibly in developing the talents and abilities given by God to be a blessing to many. Because of that, it takes good communication and cooperation with parents as a supervisor and a motivator of students to active learning from home. Behind it all, Christian teachers must also submit themselves and their classes to the Holy Spirit, so that learning can be according to His will.
Abstrak
Dampak pandemi mengharuskan dunia pendidikan menerapkan sistem pembelajaran daring. Namun, pelaksanaan pembelajaran daring menimbulkan berbagai permasalahan keaktifan belajar siswa seperti; siswa tertidur selama pembelajaran, tidak terlibat dalam diskusi, atau tidak melakukan tugas sebagai akibat dari kejenuhan yang timbul dari sistem pembelajaran monoton dan materi padat yang harus dipelajari. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran guru Kristen sebagai fasilitator dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada pembelajaran daring yang ditinjau dari kajian epistemologi dengan menggunakan metode kajian literatur. Peran guru Kristen sebagai fasilitator bukan hanya memfasilitasi siswa tetapi juga memiliki kewajiban untuk menjadikan setiap siswa sebagai murid Kristus dan membantu mereka untuk belajar secara aktif dan lebih bertanggung jawab dalam mengembangkan bakat dan kemampuan yang diberikan oleh Allah untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Karena itu, dibutuhkan komunikasi yang baik dan kerja sama dengan orang tua sebagai pengawas dan motivator siswa untuk aktif belajar dari rumah. Di balik itu semua, guru-guru Kristen juga harus menyerahkan diri dan kelas kepada Roh Kudus, sehingga pembelajaran dapat sesuai dengan kehendak-Nya.
Downloads
References
Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119. https://doi.org/10.21009/pip.312.6
Andrianti, S. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen sebagai Fasilitator dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 232–249. https://doi.org/10.34081/270034
Brummelen, H. V. (2011). Berjalan dengan Tuhan di dalam Kelas: pendekatan Kristiani untuk pembelajaran (Ketiga). ACSI Indonesia.
Brummelen, H. V. (2019). Batu Loncatan Kurikulum Berdasarkan Alkitab (3rd ed.). Association of Christian Schools International.
Damanik, M. J. (2020, April 27). KPAI: 76,7 Persen Siswa Tidak Senang Belajar dari Rumah. Idntimes.Com. https://www.idntimes.com/news/indonesia/margith-juita-damanik/kpai-767-persen-siswa-tidak-senang-belajar-dari-rumah/3
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Ernes, Y. (2020, April 9). Mendikbud Nadiem Soroti Guru Beri Tugas Berlebihan Saat Corona. Detiknews.Com.
Gule, Y. (2021). Pentingnya Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Belajar Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 5(1), 89–104. https://doi.org/10.37368/ja.v5i1.183
Gusty, dkk. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tegah Pandemi Covid-19.
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751
Hendricks, H. G. (2016). Mengajar untuk Mengubah Hidup. Yayasan Gloria.
Hoekema, A. A. (2017). Diselamatkan oleh anugerah (Y. Solomon (ed.)). Momentum.
Jamil, F., Mukhaiyar, R., & Husnaini, I. (2020). Kajian Literatur Rekonstruksi Mata Kuliah (Studi Kasus Mata Kuliah Pengolahan Sinyal Teknik Elektro UNP). JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(2), 198. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108742
Jemparing, G. S. (2020). Krisis Etika dalam Pembelajaran Daring. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/opini/7751/krisis-etika-dalam-pembelajaran-daring
Kasih, A. P. (2020). Survei UNICEF: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar di Rumah. Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/090832371/survei-unicef-66-persen-siswa-mengaku-tak-nyaman-belajar-di-rumah
Kemdikbud. (2021). Kemdikbud, “KBBI Daring,” Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kemdikbud. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 Smp Negeri 2 Tuntang - Semarang. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 41. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53
Naibaho, D. (2018). Peranan guru sebagai fasilitator dalam perkembangan peserta didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77–86.
Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378–390. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 103–112. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729
Patandung, A. B., & Saragih, M. J. (2020). Peran Guru Kristen Dalam Menumbuhkembangkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika [the Role of Christian Teachers in Developing Students’ Confidence in Mathematics]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 180. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.1972
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111
Pratt Jr, R. L. (2014). Menaklukkan Segala Pikiran Kepada Kristus: Sebuah studi manual untuk membela kebenaran iman Kristen (6th ed.). Literatus Saat.
Prijanto, J. H. (2017). Panggilan Sebagai Guru Kristen Wujud Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Penanaman Nilai Alkitabiah Pada Era Digital [A Christian Teacher’s Calling in Response to Jesus Christ’s Great Commission in Instilling Biblical Values in a Digital Era]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 13(2), 13. https://doi.org/10.19166/pji.v13i2.325
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406
Syailendra. (2020, September 10). Guru Mengeluh, Banyak Siswa Tak Aktif Belajar Daring. Britabrita.Com.
Syarifudin, A. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. 2507(February), 1–9.
Thung, K. Y. (2013). Filsafat Pendidikan Kristen: Meletakkan Fondasi Filosofi Pendidikan Kristen di Tengah Tantangan Filsafat Dunia (1st ed.). Andi.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Warren, R. (2015). Untuk Apa Aku Ada Di Dunia Ini? : The Purpose Driven Life (6th ed.). Immanuel Publishing House.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Wulanata, I. A. (2018). Peran dan Karya Roh Kudus serta Implikasinya terhadap Pengembangan Pribadi dan Kualitas Pengajaran Guru Kristen [Roles and Work of the Holy Spirit and the Implications for the Personal Development and Teaching Quality of Christian Teachers]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 19. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.326