Pendampingan Orang Tua Terhadap Aktivitas Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Kristian Adi Santoso Sekolah Tinggi Teologi Terpadu Waingapu

DOI:

https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.139

Kata Kunci:

learning activities, pandemic Covid-19, parental assistance, aktivitas belajar, pandemi Covid-19, pendampingan orang tua

Abstrak

Parental assistance to children in learning activities at home during the Covid-19 pandemic is mandatory. The form of assistance provided by parents, namely: preparing learning equipment; monitoring children while at home; controlling children's learning time well, and helping children overcome obstacles in learning. In theory, parental assistance has an influence on children's learning activities. Children’s learning activities can be reflected in activities: paying close attention to the teacher's explanation; understanding the teacher's explanation; studying student material; noting down the teacher's explanation; responding to teacher questions; playing an active role in group discussions and the courage to express opinions. The research method uses a correlational. The research was conducted at SMP Negeri 1 Waingapu. The results of the study provide information that there is a positive and significant influence, the variable of parental assistance on children's learning activities can be seen from the correlation coefficient of 0.547 which is significant at ? = 0.05. This means that the assistance provided by parents is getting better, so children's learning activities will also increase.

 

Abstrak

Pendampingan orang tua kepada anak-anak dalam kegiatan belajar di rumah pada masa pandemik Covid-19 wajib dilakukan. Bentuk pendampingan yang diberikan orang tua, yaitu : menyiapkanperlengkapan belajar; memantau anak selama berada di rumah; mengontrol waktu belajar anak dengan baik dan membantu anak dalam mengatasi kendala dalam belajar. Secara teori pendampingan orang tua memberikan pengaruh terhadap aktitivas belajar anak. Aktivitas belajar anak dapat tercermin dari  aktivias : memperhatikan dengan sungguh penjelasan guru; memahami penjelasan guru; mempelajari materi pelajaram; mencatat penjelasan guru; memberi respons atas  pertanyaan guru; berperan aktif dalam diskusi kelompok dan keberanian menyampaikan pen-dapat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Waingapu. Hasil penelitian memberikan infromasi yaitu terdapat penga-ruh yang positif dan signifikan,variabel pendampingan orang tua pada aktivitas belajar anak, dapat dilihat dari nilaikorelasi sebesar 0,547 dan p-value 0,000 pada ?=0,05. Berarti semakin tinggi intensitas pendampingan orang tua, maka semakin tinggi pula, aktivitas belajar anak.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Kristian Adi Santoso, Sekolah Tinggi Teologi Terpadu Waingapu

    S1 Teologi di STT Kharima Bandung

    S2 PAK di STTBI Jakarta

    S3 PAK di STT Ekumene Jakarta

Referensi

Abimanyu Soli. Strategi Pembelajaran. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, 2008.

Cahyati, Nika dan Rita Kusumah. “Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19,” 2020.

Fauzyah, Ghesya Athira Hasna’ul, Luthfi Hamdani Maula, dan Iis Nurasiah. “Pengaruh Pendampingan Orang Tua Pada Pembelajaran Daring Terhadap Kecerdasan Emosional.” Jurnal Pendidikan Dasar 11, no. 02 (2020): 197–206. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.

F.C. Susila Adiyanta. “Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris.” Adminitrative Law & Governance Journal Volume 2, no. Issue 4 (November 2019): 701.

Gendro Salim. Effective Coaching. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer, 2014.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, dan Heru Kuswanto. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1 (30 April 2020): 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

Kartini Kartono. Peran Orang Tua dalam Memandukan Anak. Jakrta: Rajawali Press, 1985.

Kemendikbud RI. “Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020, Tentang Pedoman Penyelnggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah.

Kurnia, Novi, Engelbertus Wendratama, Wisnu Marta Adiputra, dan Intania Poerwaningtias. Literasi Digital Keluarga: Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua terhadap Anak dalam Berinternet. UGM PRESS, 2019.

Kusumaningrum, Betty, Krida Singgih Kuncoro, Tri Astuti Arigiyati, dan Trisniawati. “Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar:: Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19.” INVENTA 4, no. 2 (30 September 2020): 142–50. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2607.

Mikha Agus Widiyanto. Statistik untuk Penelitian Bidang Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Pelayanan Gereja. Bandung: Kalam Hidup, 2014.

Mirdanda, Arsyi. Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery, 2018.

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Nurmala, Desy Ayu, Lulup Endah Tripalupi, dan Naswan Suharsono. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi” 4, no. 1 (2014): 10.

Popescu, Eugen Florian, dan Valentin Dobromirescu. “Students’ Well-Being in Online Education in Covid-19 Context” 9, no. 2 (2021): 10.

Pratiwi, Ericha Windhiyana. “Dampak COVID-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34, no. 1 (29 April 2020): 1–8. https://doi.org/10.21009/PIP.341.1.

Rusman. Belajat dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta: Alfabet, 2013.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Sudarsana, I. Ketut, Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari, I. Komang Wisnu Budi Wijaya, Astrid Krisdayanthi, Komang Yuli Andayani, Komang Trisnadewi, Ni Made Muliani, dkk. COVID-19: Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis, 2020.

“Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijaksanaan Pendidikan dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19 - Penelusuran Google.” Diakses 2 Oktober 2021. https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=Surat+Edaran+Nomor+4+Tahun+2020+tentang+Pelaksanaan+Kebijaksanaan+Pendidikan+dalam+masa+Darurat+Penyebaran+Covid-19.

Tahir, H. Thamrin, Muhammad Hasan, dan Ilham Thaief. “Perubahan Paradigma Pendidikan Dan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19:” Diakses 15 Januari 2021. https://books.google.co.id/books?id=29IJEAAAQBAJ&pg=PR9&dq=dampak+covid+19+terhadap+pendidikan&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiUvdzJ-5zuAhUozzgGHYc1DD8Q6AEwAHoECAYQAg#v=onepage&q=dampak%20covid%2019%20terhadap%20pendidikan&f=false.

Diterbitkan

2022-01-31

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pendampingan Orang Tua Terhadap Aktivitas Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19. (2022). KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 4(2), 346-355. https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.139