Digitalisasi Manajemen Pendidikan Teologi di Era 4.0 Menggunakan Learning Management System Moodle
DOI:
https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.134Keywords:
Covid-19, digital era 4.0, learning management system, moodle, era digital 4.0Abstract
In the world of education in the last two years has experienced a relatively significant impact due to the Covid 19 pandemic. Teaching and learning activities that are usually carried out face to face currently must be carried out online using various software to continue the teaching and learning process. Theological colleges are also required to think of relevant steps to deal with the current situation. Therefore, it is important to apply a moodle-based Learning Management System (LMS) with the aim of disciplining students, especially in making attendance and collecting assignments that have been set by educators. With the development of the world of education today, students and educators are forced to adapt to the development of the world of education in the field of technology. This writing method is an observation method by looking at the phenomenology of the world of education during the Covid-19 pandemic. The conclusion of this study is that the digitalization of education management in the 4.0 era is very much needed to facilitate the online learning process in universities.
Abstrak
Dunia Pendidikan dalam dua tahun terakhir ini mengalami dampak yang yang relatif signifikan akibat adanya pandemic Covid 19. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka saat ini harus dilakukan secara online dengan menggunakan berbagai software untuk tetap dapat melakukan proses belajar mengajar. Perguruan tinggi teologipun dituntut untuk memikirkan Langkah yang relevan untuk menghadapi situasi saat ini. Maka pentingnya diterapkan Learning Management System (LMS) berbasis moodle dengan tujuan untuk lebih mendisiplin peserta didik terutama dalam melakukan presensi, dan pengumpulan tugas yang telah ditetapkan oleh para pendidik. Dengan berkembangnya dunia pendidikan saat ini, peserta didik dan para pendidik dipaksa untuk beradaptasi dengan perkembangan dunia pendidikan di bidang teknologi. Metode penulisan ini adalah metode observasi dengan melihat fenomonologi dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa digitalisasi manajemen pendidikan di era 4.0 sangat diperlukan untuk mempermudah proses pembelajaran daring di perguruan tinggi.
Downloads
References
Agustina, Merry. “Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran.” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 1, no. 1 (2013). Accessed November 22, 2021. https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/3064/2824.
Fatmawati, Soraya. “EFEKTIVITAS FORUM DISKUSI PADA E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9, no. 2 (June 3, 2019). Accessed November 22, 2021. https://www.jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/3379.
Pusvyta Sari. “Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning.” Ummul Quro 6, no. Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015 (2015): 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531.
Rahmat, Ginanjar. Masa Depan Pendidikan Bernama E-Leraning Alam Nur Janti, Dkk, Online! Geliat Manusia Dalam Semesta Maya. 1st ed. Yogyakarta: EKSPRESI Buku LPM EKSPRESI, 2014.
Ronda, Daniel. Era Disrupsi Peluang Dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia. Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. Vol. 2, 2017.
Setiaji, Bayu, Pri Ariadi, and Cahya Dinata. “Analisis Kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Menggunakan E-Learning Dalam Situasi Pandemi Covid-19.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 6, no. 1 (June 1, 2020): 59–70. Accessed November 22, 2021. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/31562.
Sosial, Jurnal Ilmu Ekonomi &, and Vol Vii. “PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN PADA APARATUR PEMERINTAHAN KAMPUNG TAMBAT KABUPATEN MERAUKE.” OKTOBER, no. 2 (2016): 135–155.
Surjono, Herman Dwi. “PENGANTAR E-LEARNING DAN PENYIAPAN MATERI PEMBELAJARAN” (2009). Accessed November 23, 2021. http://herman.elearning-jogja.org.
Susan, Eri. “MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA” (n.d.).
Usman, Husaini. Manajemen, Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Waryanto, Nur Hadi, and Nur Insani. “Tingkat Kesiapan (Readiness) Implementasi E-Learning Di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 1, no. 2 (December 13, 2013): 117–124. Accessed November 22, 2021. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/2478.
“Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan » Republik Indonesia.” Accessed November 18, 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/10/digitalisasi-sekolah-percepat-perluasan-akses-pendidikan-berkualitas-di-daerah-3t.
“Manajemen Pendidikan - Suhelayanti Suhelayanti, M. Ridwan Aziz, Dian Cita Sari, Meilani Safitri, Syifa Saputra, Sukarman Purba, Erika Revida, Ramen A Purba, Lusy Tunik Muharlisiani, Janner Simarmata - Google Buku.” Accessed November 18, 2021. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=HPrvDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=tujuan+manajemen+pendidikan&ots=-Im18o5BX9&sig=fQQyPeZsgbTNIh9zWLLQmQ0Sn3w&redir_esc=y#v=onepage&q=tujuan manajemen pendidikan&f=true.
“Mendefinisikan Ulang Sektor Pendidikan Di Asia Dengan Transformasi Digital – Indonesia News Center.” Accessed November 19, 2021. https://news.microsoft.com/id-id/2017/11/20/mendefinisikan-ulang-sektor-pendidikan-di-asia-dengan-transformasi-digital/.
“View of MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH BERBASIS DIGITALISASI DI ERA COVID -19.” Accessed November 17, 2021. http://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitrah/article/view/320/216.