Teknogogi dalam Pendidikan Kristen: Pendidikan Kristiani Menyambut Perkembangan Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.125Keywords:
Christian education, pedagogy, technological development, technology, pendidikan Kristen, pedagogi, perkembangan teknologi, teknogogiAbstract
Education was the main aspect of human life. Christian education was an education that focuses on Christ in its delivery and is based on the Bible which is the Word of God. The development of the time was a challenge for Christian education today, educators or teachers in Christian education were the main motors in the success of Christian education. Pedagogy is a science or art in teaching that must be mastered by an educator to maximize Christian education. But more than that, nowadays proficiency in educators were used technology is the value in the Christian education process. Educator Skills used technology or technology referenced in the success of the current learning process. Therefore, this study aims to describe the development of technology that can support education and its correlation to the world of Christian education. With the hope that every educator or teacher can maximize his potential in teaching Christian education today. In this study, the author used a qualitative research method with a literature review approach. In the research method, the author conducted a review of the literature that has been published either in journals or books that support the research title. The result of this study is that Christian education welcomes technological development by educators or teachers who use technology for teaching with the fear of God; educators or Teachers follow technological developments in present material without leaving the essence of God’s Word.
Abstrak
Pendidikan merupakan aspek yang utama dalam kehidupan manusia. Pendidikan Kristen merupakan pendidikan yang berfokus pada Kristus dalam penyampaiannya, serta berdasar pada Alkitab yang adalah Firman Tuhan. Perkembangan zaman menjadi tantangan bagi pendidikan Kristen saat ini, pendidik atau pengajar pada pendidikan Kristen menjadi motor utama dalam mensukseskan keberhasilan pendidikan Kristen. Pedagogi sebagai ilmu atau seni dalam mengajar yang harus dikuasai oleh seorang pendidik untuk memaksimalkan pendidikan Kristen. Namun lebih dari pada itu, saat ini kecakapan dalam menggunakan teknologi menjadi nilai lebih seorang pendidik dalam proses pendidikan Kristen. Kecakapan dalam menggunakan teknologi atau Tekno-gogi menjadi acuan dalam keberhasilan proses pembelajaran saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan teknologi yang dapat mendukung pendidikan dan korelasinya pada dunia pendidikan Kristen. Dengan harapan setiap pendidik atau pengajar dapat memaksimalkan potensinya dalam mengajar pendidikan Kristen masa kini. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Metode penelitian ini, penulis melakukan peninjauan terhadap literatur-literatur yang telah terpublis baik dalam jurnal ataupun buku yang mendukung judul penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan Kristen menyambut perkembangan teknologi dengan menggunakan teknologi untuk pengajaran dengan takut akan Tuhan; mengikuti perkembangan teknologi dalam penyajian materi tanpa meninggalkan esensi Firman Tuhan.
Downloads
References
Amin Akbar dan Nia Noviani, ‘Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia’, Roseding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019, 21 <https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2927/2764>
Bertha Natalina Silitonga, dkk, Profesi Keguruan: Kompetensi Dan Permasalahan, ed. by Alex Rikki & Janner Simarmata, 1st edn (kitamenulis.id: Yayasan Kita Menulis, 2021) <https://books.google.co.id/books?id=UwcxEAAAQBAJ&pg=PA78&dq=pedagogi+adalah&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwje4smUlOfzAhU9ILcAHYxlDCYQ6AF6BAgFEAI#v=onepage&q=pedagogi adalah&f=false>
Djoys Anneke Rantung, Fredik Melkias Boiliu, ‘TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN YANG ANTISIPATIF DI ERA REVOLUSI INDUSRI 4.0’, Jurnal Shanan, 4.1 (2020), 93–107 <http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1770/1356>
Idrus, R.M, ‘From Facilitation to TheTransformation of Learning: From Pedagogy ToTechnogogy, Keynote Address at the 5thInternational Educational TechnologyConference (IETC2005)’ (Sakarya: International Educational TechnologyConference (IETC2005), 2005)
Lee S. Shulman, ‘Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching’, Educational Researcher, 15.2 (1986), 4–14 <https://doi.org/https://doi.org/10.3102/0013189X015002004>
Lufri, Dkk., METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN, ed. by Muhammad Arci Maulidan, 1st edn (Purwokerto: CV IRDH, 2020) <https://books.google.co.id/books?id=qCrxDwAAQBAJ&pg=PA316&dq=kecakapan+penggunaan+teknologi+pendidikan&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwij0q-ewufzAhWSX3wKHe-eD5o4ChDoAXoECAMQAg#v=onepage&q=kecakapan penggunaan teknologi pendidikan&f=false>
Michael J. Anthony, Introducing Christian Education: Foundations for the Twenty-First Century, ed. by Baker Academic, 1st edn (USA: Baker Academic, 2001) <https://books.google.co.id/books?id=PRqpitCggIAC&pg=PA13&dq=christian+education+is&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwjw8fOO0-TzAhXdIbcAHYyrCa8Q6AF6BAgFEAI#v=onepage&q=christian education is&f=false>
Norfai, “Kesulitan Dalam Menulis Karya Tulis Ilmiah”, Kenapa Bingung ?, ed. by Dhalia Soetopo, 1st edn (Klaten: Penerbit Lakeisha, 2021) <https://books.google.co.id/books?id=crgmEAAAQBAJ&pg=PA16&dq=kajian+literatur&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwje5dTDiefzAhURfSsKHb1XAKcQ6AF6BAgLEAI#v=onepage&q=kajian literatur&f=false>
Pankowska, Malgorzata, Frameworks of IT Prosumption for Business Development, ed. by Joel Gamon, 1st edn (Hershey: Buisness Science Reference, 2014) <https://books.google.co.id/books?id=3NuWBQAAQBAJ&pg=PA256&dq=UNESCO+learning+to+do&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwjWj8fhyeTzAhWQbSsKHSfQBrAQ6AF6BAgIEAI#v=onepage&q=UNESCO learning to do&f=false>
Rifma, Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagodik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru, ed. by Ria, 1st edn (Jakarta: KENCANA, 2016) <https://books.google.co.id/books?id=E-VNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=pedagogik+merupakan&hl=jv&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=pedagogik merupakan&f=false>
Rika Kariman, ‘Peran Pendeta Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Dalam Jemaat (Gereja)’, Institut Agama Kristen Negeri Toraja, 1.1 (2020), 1–5 <https://osf.io/qcyex>
Schultz, Glen, Kingdom Education, ed. by LifeWay Press, 1st edn (Nashville: LifeWay Press, 1998)
Sidjabat, BS., Strategi Pendidikan Kristen, ed. by Andi, 1st edn (Yogyakarta: Yayasan Andi, 1994) <https://books.google.co.id/books?id=jaI5EAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=pendidikan+kristen+adalah&hl=jv&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikan kristen adalah&f=false>
Suhendi Syam, H Cecep, Ade Ismail Fahmi, Dina Chamidah, Wika Karina Damayanti, Agung Nugroho Catur Saputro, Nur Muthmainnah Halim, Emmi Silvia Herlina, Abdul Haris, Pengantar Ilmu Pendidikan, ed. by Abdul Karim & Jenifer Simarmata, 1st edn (kitamenulis.id: Yayasan Kita Menulis, 2021) <https://books.google.co.id/books?id=9gQ1EAAAQBAJ&pg=PA72&dq=pandangan+ahli+tentang+pendidikan&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwislfOQxeTzAhX-ILcAHebiDkIQ6AF6BAgEEAI#v=onepage&q=pandangan ahli tentang pendidikan&f=false>
W Gulo, Strategi Belajar Mengajar (Cover Baru), ed. by Grasindo, 1st edn (Jakarta: Grasindo, 2002) <https://books.google.co.id/books?id=A9NuJgpTRCEC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false>
Winata Sairin, Identitas Dan Ciri Khas Pendidikan Kristen Di Indonesia Antara Konseptual, ed. by Rika Uli Napitupuli-Simorangkir Asima Siregar, 1st edn (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006) <https://books.google.co.id/books?id=p5OynhiwvucC&pg=PA299&dq=dunia+pendidikan+kristen+adalah+proses&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwiYorTm-OnzAhXHAnIKHaXQB_kQ6AF6BAgJEAI#v=onepage&q=dunia pendidikan kristen adalah proses&f=false>
Yunus Abidin, Tita Mulyati, Hana Yunansah, Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca Dan Menulis, ed. by Yuanita Nur Indah Sari, 1st edn (Jakarta: Bumi Aksara, 2017) <https://books.google.co.id/books?id=M_UrEAAAQBAJ&pg=PA46&dq=kemampuan+dan+penguasaan+teknologi+oleh+guru&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwi2kbaW4enzAhWCWHwKHVVlBAsQ6AF6BAgEEAI#v=onepage&q=kemampuan dan penguasaan teknologi oleh guru&f=false>
Yuyut dkk, Eksistensi PJJ Di Tengah Pandemi Antologi Esai Karya Pemenang Dan Karya Pilihan Peserta Dikdar GUMUN Menulis 1000 Esai Kerja Sama Dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Dan Solopos, ed. by Penerbit YLGI, 1st edn (Penerbit YLGI: Penerbit YLGI, 2021) <https://books.google.co.id/books?id=Fs9GEAAAQBAJ&pg=PA227&dq=kecakapan+orang+tua+dalam+menggunakan+teknologi&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwiG68eUxunzAhVV7HMBHbubDwQQ6AF6BAgGEAI#v=onepage&q=kecakapan orang tua dalam menggunakan teknologi&f=false>